Jenis Jenis Speaker yang Ada Saat Ini

Tentu kita mengenal yang namanya speaker. Dalam ilmu elektronika tentu kita tahu bawa speaker adalah komponen yang terdiri dari membrane dan kumparan yang bertugas mengubah gelombang listrik menjadi gelombang getaran suara. Nah, speaker sendiri ada banyak sekali jenisnya, ada speaker aktif yang tentu bekerja untuk memperkeras output sound maupun menjadikan suara yang dikeluarkan lebih enak untuk didengarkan serta ada juga speaker pasif yang terintegrasi dengan komponen sound system lain yang bernama amplifer atau power amplifer. Nah, berikut ini kita akan mencoba mengenalkan jenis jenis speaker yang digolongkan berdasarkan frekuensinya.

  • Sub Woofer

Ini adalah jenis speaker yang dapat menghasilkan frekuensi sekitar 20 – 200 Hz yang artinya termasuk speaker dengan nada rendah atau full bass. Dari sisi penggunaanya, kita bisa menemukan komponen output sound system ini biasa digunakan di computer, mobil dan sebagainya dan biasanya ada boxnya tersendiri.

  • Woofer

Untuk komponen yang satu ini, merupakan jenis speaker dengan frekuensi rendah yaitu sekitar 40 – 1000Hz. Sesuai dengan frekuensinya, hasil suara yang dikeluarkan juga tergolong bass atau rendah. Umumnya digunakan di dalam ruangan serta fungsi lainnya dengan ukuran yang bervariasi dan banyak dijual di toko toko di pasaran.

  • Mindrange

Merupakan komponen speaker dengan frekuensi menengah, yaitu sekitar 500 – 5000 Hz. Untuk output sound yang dihasilkan ya cukup jelas juga, seperti suara manusia atau suara kita. Jenis ini juga banyak sekali dijumpai pada speaker aktif 3 way.

  • Tweeter

Ini adalah komponen output sound yang memiliki frekuensi golongan tinggi, sekitar 5000 – 20000 HZ. Dan hampir semua jenis speaker aktif dilengkapi dengan ini. Tujuannya agar suara yang dihasilkan sedikit melengking seperti melodi gitar, hingga suara film seperti kaca pecah dan sebagainya juga bisa terdengar sangat jelas disini. Jenis speaker ini juga bisa bekerja baik tanpa adanya box.

  • Full Range

Merupakan komponen output sound yang bisa menghasilkan baik suara nada rendah, menengah hingga tinggi. Seperti speaker yang kita temui saat ada acara seperti pesta pernikahan dan sebagainya. Yang jelas, speaker jenis ini sering sekali digunakan di luar ruangan atau outdoor yang memang dapat menghasilkan suara yang jelas ketika didengar dari kejauhan. Untuk ukurannya juga sangat beragam.

Tadi juga sempat disinggung mengenai speaker 3 ways. Lalu sebenarnya, apa arti dari speaker 3 ways. Sebetulnya bukan hanya ada 3 ways saja tetapi ada juga 2 way. Untuk yang 2 way adalah jenis speaker yang mempunyai 2 buah sistem frekuensi, rendah dan tinggi sehingga dalam pemasangannya menggunakan jenis speaker seperti woofer hingga speaker jenis tweeter. Sedangkan untuk yang 3 way, adalah speaker yang memiliki tiga buah frekuensi suara, rendah menengah dan tinggi. Atau yang lengkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *