Kerusakan Umum yang Terjadi Pada Speaker Aktif dan Solusinya

Speaker. Seperti yang kita tahu speaker aktif adalah salah satu komponen utama dari sound system yang bertugas untuk menghasilkan output suara yang kita butuhkan. Nah, seperti produk – produk elektronik lainnya, speaker juga tidak terlepas dari masalah – masalah atau gangguan – gangguan yang sewaktu – waktu bisa timbul. Penyebab dari kerusakan yang bisa timbul juga bermacam – macam. Apapun merk speaker itu dan berapa mahal pun harga yang disandangnya juga pasti akan rusak jika waktunya sudah tiba atau pemakainya yang memang tidak merawatnya. Umumnya merk – merk ternama akan memberikan garansi paling tidak satu tahun dan diluar satu tahun itu, maka anda harus menaggung kerusakannya sendiri. Nah berikut ini ada tiga macam kerusakan speaker yang paling sering muncul. Dan berikut ini kami juga akan memberikan solusi – solusi yang mungkin akan membantu anda jika anda berniat untuk memperbaikinya secara mandiri. Langsung saja kita masuk ke inti pembahasannya tanpa harus berpanjang lebar lagi disini.

Speaker yang Mati Total.

Jika perangkat speaker aktif Anda mengalami kerusakan mati total dengan menandakan tidak ada daya yang dihasilkan, untuk mengatasi kerusakan ini anda bisa cek kabel AC cord yang ada padanya dengan memakai multimeter. Bila komponen itu rusak anda bisa ganti dengan komponen yang baru, tetapi apabila letak penyakitnya bukan disitu, maka langkah selanjutnya anda bisa cek fuse (atau sekeringnya). Jika fusenya putus anda bisa ganti dengan yang baru tetapi jika fusenya masih bagus anda bisa cek speaker barangkali jebol atau semacamnya namun terkadang ada juga permasalahan yang timbul karena kerusakan di bagian trafo baik di gulungan primer trafo atau di gulungan sekunder. Cek juga bagian diode, elco atau di resistornya.

Speaker Mengeluarkan bunyi seperti kresek- kresek ketika anda memutar volume, bass maupun treblenya.

Penyebabnya tak lain adalah komponen potensio yang sudah mulai aus solusinya ialah dengan memberikan cairan pembersih yang dijual bebas di toko toko di pasaran. Tetapi jika solusi ini tidak membantu ya terpaksa anda harus menggantinya dengan yang baru.

Speaker Mengeluarkan Suara Mendengung

Hal ini sangat sering terjadi dan disebabkan karena terjadi kerusakan pada bagian penguat awal, driver maupun di komponen penguat akhirnya (transistor.) Pada umumnya yang sangat rawan dan rentan terhadap kerusakan terletak di bagian transistor penguat akhir karena memang beban kerjanya yang dijalankan cukup berat terlebih ketika dalam keadaan panas. Itulah kerusakan kerusakan yang sering timbul pada speaker aktif dan umumnya solusi ini dapat membantu menyelesaikan masalah, tetapi ada juga kasus tertentu yang membutuhkan solusi lebih dari ini. Semoga artikel ini dapat membantu anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *