Mengenal Komponen Sound System

Tentu kita mengenal istilah sound system. Kita bisa temukan sound system di banyak tempat yang memang membutuhkannya, baik di event tertentu, pesta, bioskop, sound system mobil, home theater dan masih banyak lagi. Lalu sebenarnya, apa saja sih yang menjadi komponen penyusun dari sound system ? Tentu kita ingin lebih mengenalnya kan untuk lebih menambah wawasan yang kita miliki, jadi langsung saja kita bahas.

  • Power Amplifer

Untuk komponen ini kebanyakan orang menyebut komponen ini dengan sebutan kata Power saja, serta ada juga sebagian yang menyebutnya Ampli maupun Amplifier. Tugasnya tak lain adalah untuk penguat suara yang akan dihasilkan speaker. Ada banyak macam model Power yang beredar saat ini berdaya yang besar. Class daya nya juga sangat beragam. Dan untuk sekarang ini yang paling pro ialah power Amplifier dengan class-H.

  • Microphone

Microphone terdiri dari dua buah sistim sambungan sinyal, Microphone kabel serta Microphone dengan koneksi Wireless. Microphone jika digolongkan dari sisi jenis pun bemacam macam yang meliputi, Microphone Dinamic, serta ada juga yang namanya Microphone Condenser.

Jika dilihat dari segi penggunaanya, maka kita bisa golongkan;

  1. Microphone Vocal
  2. Microphone Conference
  3. Microphone Klip (clavier/ clip on)
  4. Microphone Percussion

 

  • Speaker

Nah komponen ini kita pasti sangat mengenalnya. Komponen ini adalah bagian terakhir yang bertugas untuk mengeluarkan output sound atau bunyinya. Jadi speaker adalah barang atau komponen yang menghasilkan atau mengeluarkan suaranya dan merupakan bagian yang terakhir dari proses sound system tersebut. Suara yang dikeluarkan speaker ini adalah hasil dari proses antara komponen Power Amplifier yang bertugas penguat sinyal suara serta komponen Loudspeaker sendiri yang menjadi media getaran.

  • Mixer Sound System

Peralatan Mixer juga menjadi bagian utama dari komponen komponen sebuah sound system. Mixer merupakan alat yang terdiri dari saluran saluran (channel) yang berfungsi mencampur sumber suara dari peralatan input supaya menjadi satu bagian output suara menuju ke perangkat perangkat dengar lain yang mungkin disatukan. Mixer audio juga memiliki beragam merk dalam sisi pemanfaatan secara sederhana berkembang dengan pemanfaatan mixer digital untuk sound system lapangan.

  • Kabel Konektor

Ini adalah komponen yang bertugas atau berfungsi untuk menghubungkan antara komponen satu dengan komponen lainnya yang saling berhubungan. Sehingga setiap komponen dapat bekerja sesuai dengan tugasnya dan memprosesnya ke komponen proses berikutnya.

Tentu masih ada lagi komponen yang menjadi bagian dari sound system seperti Equalizer, Crossover, Sound FX, Direct Inject dan teman temannya. Beberapa ada yang bersifat opsional, tergantung kegunaannya untuk apa dan dimana. Kami akan menyambungnya di artikel yang selanjutnya untuk komponen komponen yang belum dapat kami jelaskan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *