Mengenal Lebih Detail Mengenai Subwoofer

Tentu kita tahu, bahwa salah satu komponen audio adalah subwoofer. Komponen ini terbagi menjadi dua jenis dan fungsinya, lalu seperi apa jenis dan fungsinya ? Langsung saja kita bahas. Speaker subwoofer adalah salah satu speaker yang dapat menghasilkan frekuesi nada audio yang tergolong rendah. Mengapa subwoofer sangat penting dalam sistem audio? Tidak lain karena telinga manusia hanya dapat mendengar frekuensi dengan dikisaran 20 hz hingga 20 khz atau frekuensi ini sering disebut dengan frekuensi audio. Selain jenis speaker subwoofer sendiri, ada 3 jenis speaker yang lainnya yaitu midbass/midwoofer, tweeter dan Midrage.

Umumnya speaker yang difungsikan sebagai audio untuk rumahan memakai sistem sound system 3 way atau ada juga yang menerapkan 2 way dengan susunan rinciannya seperti midwoofer-midrage-tweeter atau juga dengan midwoofer-tweeter, sangat  yang membenamkan komponen subwoofer kedalam sistemnya. Rentang frekuensi yang dapat di hasilkan speaker midwoofer hanya berada pada dikisaran 80hz hingga 350 Hz jika berada dibawah frekuensi itu maka secara otomatis midwoofer tidak dapat merespon dengan maksimal dan karena itulah speaker subwoofer sangat penting disini untuk dapat memproduksi frekuensi yang juga rendah.

Subwoofer ini sendiri difungsikan sebagai komponen sound system home theater sistem sebab sanggup menampilkan suara rekaman studio seperti rekaman aslinya misalnya suara suara gemuruh, suara efek ledakkan dan yang lain-lain sehingga suara yang dihasilkan untuk didengar menjadi lebih hidup. Subwoofer juga banyak digunakan untuk sound system mobil.

Pada awal awalnya subwoofer difungsikan untuk menambah tanggapan bass dalam sistem stereo yang berada dirumah, namun kini semakin sudah populer sejak terciptanya sistem audio seperti audio surround yaitu sistem audio untuk dapat meningkatkan kualitas dari audio – audio yang ada selama film berjalan apalagi saat itu telah ditemukannya teknologi yang melibatkan cakram DVD dan teknologi itu sendiri dapat mengolah suara surround hanya dengan sumber audio serta mampu memproduksi efek frekuensi yang rendah. Jadi anda tidak perlu lagi merasa heran jika saat ini pemutar DVD rata-rata mempunyai keluaran multi kanal 5.1 dan memang satunya untuk kanal subwoofer.

Sekarang ini, ada dua jenis subwoofer yang dipasarkan di pasaran luas yaitu subwoofer aktif dan pasif. Subwoofer jenis aktif, dapat menghasilkan efek frekuensi rendah atau nada bass dan umumnya sudah dilengkapi dengan amplifier atau yang sering disebut dengan nama built in amplifier.

Sedangkan untuk jenis satunya yaitu subwoofer pasif merupakan perangkat speaker yang mampu memproduksi suara dengan frekuensi rendah namun tidak memiliki power amplifer di bagian dalamnya dan harus dioperasikan dengan amplifier yang terpisah. Umumnya kita bisa temukan di sound system pada mobil mobil atau di kebanyakan perangkat home theater di rumahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *