Mengenal Lebih Jauh tentang Audio

Audio memiliki definisi suara atau bunyi yang terjadi dari getaran getaran suatu benda benda, yang dapat diterima oleh telinga manusia, getaran tersebut harus kuat minimal 20 kali/detik. Suara merupakan suatu getaran yang terjadi oleh gesekan, pantulan dan, yang terjadi antara benda-benda. Dan gelombang memiliki definisi suatu getaran yang memiliki unsure Amplitudo serta waktu.

Adapun jenis – jenis audio yang kita kenal saat ini dapat dikelompokkan dari media maupun perangkat nya :

Audio Visual, merupakan istilah yang dipakai untuk menyebut seperangkat komponen soundsystem yang pada hakekatnya telah diperlengkapi dengan keberadaan tampilan gambar.

Audio Streaming merupakan istilah yang digunakan untuk mendengarkan suara dari siaran langsung atau disebut siaran live melalui jaringan yang ada.

Audio Modem Riser (AMR) merupakan sebuah kartu plug-in pada motherboard intel yang memiliki sirkuit audio / Modem

Inilah Jenis-jenis dari format audio, sebetulnya, ada banyak jenis jenis format video di dunia saat ini, tetapi yang umumnya dikenal oleh masyarakat luas adalah :

MP3 (MPEG, Audio Layer 3) ialah format audio yang telah lama dikembangkan Fraunhoper Institude dengan mempunyai value bitrate sebesar 128 kbps. Hanya butuh waktu yang pendek bagi MP3 untuk dapat menjadi format audio modern yang paling populer di bidang musik digital, sebab size filenya yang termasuk sangat kecil namun memiliki kualitas yang sangat baik.

WAV merupakan satu jenis format audio yang menjadi standar suara de-facto di sistem operasi ternama Windows. Pada mulanya format audio ini berfungsi sebagai penghubung file yang dikonversi keformat lain. Tetapi seiring pada kemajuan dan berkembangnya zaman, semua pengguna dapat langsung mengkonversi ke format yang dikehendaki. Tetapi sangat jarang ada orang yang mau menggunakannya karena size atau ukurannya yang termasuk besar.

MIDI adalah salah satu format audio popular di dunia yang biasanya difungsikan untuk ringtone handphone, namun yang patut disayangkan hanya mendukung untuk suara yang dihasilkan oleh synthesizer walaupun ukurannya yang sangat kecil.

WMA ialah salah satu format audio yang terus berkembang dari perusahaan besar di dunia, Microsoft Corporation. Menurut banyak orang di belahan dunia, format ini lebih baik dari MPEG atau AAC dan sangat mendukung DRM untuk menghindari kegiatan pembajakan music dan sejenisnya.

Ogg Vorbis memiliki kualitas audio yang sangat baik walaupun bitratenya sangat kecil. Dan format ini bebas digunakan siapa saja karena memang gratis dan satu satunya format yang gratis.

AAC yang memiliki kepanjangan Advanced Audio Coding merupakan format audio yang merupakan standar untuk MPEG seiring berjalannnya waktu, format audio ini berkembang pesat sekali karena kualitasnya yang sangat baik, bahkan perusahaan digital raksasa Apple. Inc menggunakannya sebagai format sound di Itunes. Mengesankan bukan.

Real Audio sangat sering duginakan untuk layanan streaming dengan rataan bitrate sebesar 128 kbps berstandar AAC MPEG-4.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *