Mengenal Lebih Jauh Mengenai Stereo, Mono dan Surround Sound

Di zaman modern seperti sekarang, dunia digital teknologi semakin berkembang pesat dan maju. Hal ini juga tidak terlepas dari teknologi audio yang sering kita temui dan dengarkan. Saat ini ada tiga jenis sistem suara yang bisa kita temui dan semuanya tergantung pada peruntukannya. Sebetulnya, kita dapat menemui di tempat tempat yang sering kita kunjungi, contohnya di dalam ruang bioskop, saat ada acara atau event, konser live streaming dan lain sebagainya. Nah, untuk anda yang masih bingung dan belum mengetahui tentang pengetahuan ini, anda bisa baca dan paham di artikel yang satu ini. Tak perlu panjang panjang di pembukaan ini, kita langusng masuk saja ke inti permasalahannya.

Stereo

Jenis sistem suara yang satu ini merupakan yang paling familiar di telinga kita karena memang hampir semua music music atau lagu yang diproduksi oleh industry industry music memakai sistem suara jenis stereo ini. Sistem suara yang satu ini juga memakai lebih dari satu buah channel suara yaitu 2.0 atau ada juga yang memakai 2.1. Perbedaan dari keduanya itu tidak mencolok, yaitu pada channel 2.1 ada komponen tambahan berupa subwoofer yang dapat meningkatkan suara bass dan kualitas yang dihasilkan. Kedua nya memakai dua channel utama L dan R yang sering digunakan untuk menyingkat Right dan Left. Sistem ini dapat menghasilkan suara yang tampak jernih dan lebih natural dari sistem suara yang lainnya. Untuk penggunaanya sering kita temukan di PC, laptop, MP4 dan juga pada smartphone yang kita miliki.

Sistem Suara Mono

sistem suara yang satu ini dihasilkan dan keluar dari satu Channel suara dan memang kalah berkembang dengan sistem suara yang lainnya dan memang sudah agak kuno. Untuk pemakaiannya, kita bisa temukan di televisi atau radio radio tua terutama.

Sistem Suara Surround Sound

Sistem suara ini merupakan sistem suara yang umumnya kita bisa dengar dan temukan di gedung gedung atau ruang bioskop. Sistem suara yang ada ini dapat menghasilkan suara yang terdengar memutar atau mengelilingi penonton filmnya. Tentu kita pernah pergi ke bioskop bukan, di bagian pembuka film biasanya akan keluar suara berkeliling seperti itu yang dihasilkan oleh speaker yang memang diletakan mengelilingi bangku penonton. Dan kita yang menonton bisa mendapatkan perasaan seperti ada di dalam film tersebut. Sistem suara yang satu ini memiliki versi pertama dengan ciri ciri mempunyai channel 5.1 yang merupakan Subwoofer, Left Surround, Center, Right Surround, serta Right, kemudian sudah berkembang menjadi versi 11.1 dengan adanya tambahan Rear Right, Rear Left, channel Rear Center dan Front Center. Sistem ini dikembangkan oleh perusahaan industry ternama dolby.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *