Sejarah Perkembangan sistem Suara Milik Lab Dolby

Surround sound. Untuk anda para pencinta film bioskop yang hampir setiap minggu mengunjunginya. Tentu anda pernah mendengar istilah dolby dan biasanya tulisannya ada di Gambar Film yang akan ditayangkan di bioskop itu. Lalu sebenarnya apa si itu dolby? Dolby adalah sistem suara modern yang terus berkembang maju dari masa ke masa milik Lab Dolby. Nah dulu, suara yang kita dengar di bioskop pada film film era modern ini belum sebagus dan sejernih itu, karena memang masih dalam tahap awal pengembangan dan berusaha masuk ke era teknologi modern. Dan berikut ini adalah tiga versi yang menjadi sistem terdahulu dan terakhir adalah sistem suara yang sering kita dengarkan saat menonton film bioskop.

Sistem Suara Dolby Stereo

Pada abad ke 20 akhir tepatnya di tahun 1975 Dolby Labs mulai menyebarluaskan satu temuan yang dapat menempatkan teknologi audio surround sound menuju era modern. Dengan penggunaan matrik yang lebih complex lagi dan penambahan optik analog track audio ke komponen 35mm roll cinema, Dolby Stereo dapat memungkinkan empat dari beberapa saluran audio yang ada akan dibaca dengan maksimal oleh proyektor dan dilengkapi oleh dua komponen sekaligus. Yang hasilnya, sound atau suara yang dihasilkan dapat terasa memantul ke sebelah kanan dan kiri yang membuat kita merasakan suasana baru.

Sistem suara Dolby Digital

Pada masa mula pengenalannya, lebih dikenal sebagai AC-3, Dolby Digital yang pertama kali terdengar di ruang ruang bioskop pada masa tahun 1991. Yang pada pertama kalinya diluncurkan bersama film kawakan Batman Returns karya ciptaan Tim Burton, audio 5.1 dengan sifat cerdiknya ini dapat dicetak ke dalam cetakan roll film berukuran 35mm di samping lubang sprocket film. Satu perangkat Dolby Digital soundhead yang ditugaskan bersamaan dengan komponen scanner CCD yang dihubungkan ke proyektor, akan membaca informasi digital ini dengan sangat baik.

Di tahun 2005 diperkenalkan pada public penerus dari Dolby Digital versi 5.1, serta Dolby True Hd buah dari kecanggihan kemajuan sistem ini yang sebelumnya sudah menjadi sistem audio standar de facto yang telah ditetapkan pada tahun 90. Saat ini kita bisa temukan di siaran TV digital.

Sistem suara Dolby Atmos

Dolby Atmos menjadi solusi multichannel terbaru dan yang paling canggih untuk surround sound dari bioskop zaman modern yang dikembangkan dari inspirasi sang maestro, Ray Dolby. Tidak seperti sistem sistem yang menjadi pendahulunya, Sistem Suara Dolby Atmos merupakan sebuah obyek, dan sama sekali bukan saluran yang berbasis system sound. Sistem ini menyertakan peredaman sonik untuk merengkuh tingkat kemajuan yang sangat maju. surround sound

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *