Tips Memilih Subwoofer yang Bagus

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, subwoofer adalah komponen audio jenis speaker yang mampu mengeluarkan suara dengan frekuensi rendah atau bass. Subwoofer sendiri sangat umum digunakan untuk sound system yang ada pada home theater dan audio mobil karena kemampuannya yang baik dalam menghasilkan nada dengan frekuensi rendah itu. Nah subwoofer sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu subwoofer aktif dan pasif. Sebenarnya kedua jenis subwoofer ini memiliki manfaat atau fungsi yang sama yaitu menghasilkan atau memproduksi suara dengan frekuensi yang rendah atau bernada bass. Namun yang menjadi pembeda ada di letak komponennya. Pada umumnya subwoofer yang berjenis subwoofer aktif memiliki power amplifier yang menyatu dengannya dan sudah pasti lebih besar, atau sering disebut dengan sebutan built in amplifier. Sedangkan subwoofer yang pasif adalah subwoofer yang tidak diperlengkapi dengan amplifier yang menyatu, tetapi untuk pengoperasiannya tetap membutuhkan amplifier juga. Nah, sering kali orang yang ingin membeli speaker jenis ini kebingungan untuk memilihnya, baik subwoofer pasif atau aktif. Disini kami akan mencoba memberikan pengetahuan bagi anda agar anda bisa memilih yang terbaik. Langsung saja kita masuk ke inti permasalahannya.

Subwoofer aktif.

Ukuran. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah ukurannya. Semakin besar ukuran subwoofer yang dipilih, biasanya kualitas gebukan dari bassnya juga akan semakin baik. Tetapi akan sangat kurang dalam hal efisiensi ruangannya terlebih jika diperuntukan untuk sound system milik mobil, akan memakan banyak tempat. Jadi langkah pertama perhatikan ukuran dan peruntukannya serta ingin diletakan dimana.

Daya Output. Subwoofer yang memiliki daya output besar, akan memproduksi suara frekuensi rendah yang kuat juga. Ini sangat direkomendasikan untuk pemanfaatan pada home theater.

Subwoofer Pasif

Pertama perhatikan fungsi dan peruntukannya. Ada banyak sistem yang bisa dibangun dengan menggunakan komponen subwoffer jenis ini, nah permasalahannya anda mau bangun yang seperti apa. Jika untuk dinikmati dengan memperhatikan SQ atau sound quality, biasanya lebih bagus memilih yang ukuran 10 hingga 12” dengan satu subwoofer, untuk menghasilkan nada bass yang maksimal. Tetapi jika mengarah ke SPL, anda butuh subwoofer yang lebih dari berdaya besar dan umumnya minimal yang 12” sehingga menghasilkan nilai desible yang tinggi, gebukan bass yang lebih bagus lagi.

Perhatikan Fs atau frekuensi response. Semakin rendah nilai frekuensinya maka itu mengindikasikan bahwa subwoofer itu semakin bagus dalam menghasilkan suara bass. Ini yang paling mudah untuk diperhatikan.

Nilai Desible. Nah semakin tinggi nilai yang dimiliki subwoofer itu, maka akan semakin bagus response yang dimilikinya. Anda harus pilih yang demikian.

Sesuaikan dengan amplifier. Perlu anda ketahui, tidak seperti subwoofer aktif, yang jenis pasif ini membutuhkan amplifier karena memang tidak diperlengkapi. Dan amplifier yang bisa mendrivenya juga tidak sembarangan, tidak semuanya cocok dan dapat beroperasi bersamaan dengan baik. Antara kemampuan amplifier dan daya subwoofernya harus seimbang, apabila hal ini diabaikan sudah dipastikan suara bass yang diproduksi tidak akan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *